Debat Calon Ketua OSIS

Reportase : Didi Suradi

Enerjik dan penuh semangat! Kata-kata yang tepat untuk menggambarkan penampilan keempat kandidat ketua OSIS periode 2015-2016 dalam acara debat calon. Selain itu mereka sangat cerdas dalam memaparkan visi dan misi yang akan dijalankan jika terpilih menjadi ketua OSIS.

Pagi ini, Senin, 16 Februari 2015, pukul 08.00 wib, ratusan siswa kelas SMP al muslim memenuhi aula mengikuti paparan visi dan misi dari calon ketua OSIS mereka. Suasana nampak begitu seru dan penuh persaingan diantara para pendukung. Yel-yel dan teriakan-teriakan menyemangati penampilan masing-masing calon saat menyampaikan visi dan misinya di atas podium. Sampai-sampai pak Mansur sebagai moderator, beberapa kali mengingatkan audiens agar tenang.

Bagas Abimanyu

Bagas Abimanyu

Empat Kandidat Ketua OSIS Periode 2015-2016

Empat Kandidat Ketua OSIS Periode 2015-2016

Keempat kandidat itu adalah Arinal Haqa Wiratama yang memiliki semboyan “mendengarkan dan mewujudkan aspirasi anda!”. Ia memandang SMP al muslim sudah memiliki siswa-siswa berpotensi, karena itu visinya adalah mendorong pengembangan potensi siswa melalui kegiatan peningkatan minat dan bakat. Selain itu Wira (nama panggilannya) bertekad meningkatkan karakter disiplin dan tanggungjawab siswa. Program lainnya adalah ajakan untuk mencintai lingkungan hidup, alasannya hal ini sejalan dengan ajaran agama islam.

Kandidat berikutnya yaitu Syafira Nur Tazkia. Jika terpilih nanti, Ia bertekad meningkatkan IMTAQ para siswa dengan cara melakukan koordinasi dengan bidang ROHIS agar senantiasa melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah. Dengan semboyan “I will try my best to give you the best and make both of us the best”, Syafira juga mengajak para siswa untuk selalu taat aturan sekolah.

Arinal Haqa Wiratama

Arinal Haqa Wiratama

Yang paling menarik, Ia bertekad mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan kesenian, olahraga dan pendidikan.

Kandidat Ketiga adalah Bagas Abimanyu, semboyan yang dimilikinya adalah, “satukan suara, satukan hati”. Tekadnya jika terpilih nanti ingin meningkatkan kualitas program kerja OSIS.

Syafira Nur Tazkia

Syafira Nur Tazkia

Selain itu, Ia juga bercita-cita meningkatkan performance siswa dengan selalu menjaga kerapihan dan kesopanan berpakaian.

Dalam bidang pengembangan minat dan bakat, Ia memprogramkan kegiatan pentas seni dan lomba antar kelas secara kontinyu. Dalam bidang sosial kemasyarakatan, Ia memprogramkan kegiatan bakti sosial dan cinta lingkungan.

Kandidat terakhir adalah Alia Rif’at. Semboyannya, “one step more to be the best, Bismillah!”, Alia bertekad meningkatkan kualitas sekolah dengan cara mengoptimalkan kegiatan sekolah agar lebih bermanfaat.
Program unggulannya adalah menyiapkan wadah berkreatifitas bagi siswa, misalnya mengadakan pekan seni dan olah raga untuk meningkatkan rasa berkompetisi diantara para siswa.

Alia Rif'at

Alia Rif’at

Selesai memaparkan visi dan misi, selanjutnya para kandidat diuji oleh tim panelis yang terdiri dari Bu Ipu, Bu Iis Soliha dan Bu Melly. Panelis menanyakan langkah kongkrit dari setiap calon dalam mencapai visi dan misinya. Semua pertanyaan dijawab dengan sangat baik oleh keempat kandidat.

Moderator debat dan panelis

Moderator debat dan panelis

Melalui debat ini diharapkan para pemilih memahami visi, misi dan program kerja dari calon ketua OSIS, sehingga mereka tidak salah pilih.

Pemilihan akan dilaksanakan pada Rabu, 18 Februari 2015. Semoga semua berjalan lancar dan seluruh siswa tetap menjaga sportivitas, sehingga proses pemilihan ketua OSIS dapat dijadikan sarana pembelajaran demokrasi yang baik dan benar. (DS)

By kangdidisuradi - Jika Ingin berhasil harus berani menerima tantangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s