KEGAGALAN SEBUAH PROSES TRANSFORMASI

OLEH : DIDI SURADI, M. Pd

Transformasi adalah sebuah proses perubahan. Tentunya perubahan untuk memperbaiki suatu keadaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Lalu siapa yang paling bertanggungjawab dalam proses ini?
Suatu organisasi memerlukan pemimpin yang mampu melakukan proses transformasi, sehingga disebut kepemimpinan transformasional. Kebanyakan orang sangat nyaman dengan kondisi yang sudah ada. Mereka menganggap kondisi tersebut sebagai sesuatu yang sudah mapan. Padahal diluar sana, banyak sekali hal baru yang selalu berubah dalam hitungan detik. Apakah kenyataan ini akan kita biarkan?
Pemimpin adalah orang yang pertama kali harus tanggap dengan perubahan. Bukankan dalam agama diajarkan, jika hari ini sama dengan kemarin berarti kerugian? Dan jika hari ini lebih buruk dari kemarin berarti celaka? Maka esok harus lebih baik dari hari ini. Artinya, agamapun mengajarkan kepada kita untuk selalu melakukan transformasi.
Namun, sebuah proses transformasi harus dilakukan dengan hati-hati. Transformasi harus ditumbuhkan dari kesadaran individu bukan melalui proses pemaksaan kehendak. Hal ini justru akan mematikan semangat melakukan transformasi. Pemimpin yang kharismatik dan disegani bawahannya akan memudahkan proses ini. Sebaliknya pemimpin yang tidak memiliki integritas dan nampak tidak berwibawa di mata bawahannya akan sulit melakukan transformasi, kecuali mengandalkan powernya. Disinilah pentingnya memilih pemimpin yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan bawahannya.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah, proses transformasi tidak akan sukses dijalankan jika tidak dari kesadaran. Pemaksaan kehendak hanya efektif dalam jangka pendek, selanjutnya akan hilang. Sebaliknya dengan kesadaran, transformasi bagaikan sebuah sistem yang bekerja secara otomatis. Ingat, setiap orang memiliki idealisme, maka tumbuhkan sisi idealisme itu untuk melakukan transformasi agar berjalan baik. Terimakasih.

By kangdidisuradi - Jika Ingin berhasil harus berani menerima tantangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s