BURUH DEMO, SISWA TERPAKSA BELAJAR DI RUMAH!

OLEH : DIDI SURADI, M. Pd

 

Selasa sore, 2 Oktober 2012. Sekolah mengumumkan libur pada rabu, 3 Oktober 2012. Padahal hari rabu ini bukan tanggal merah ataupun hari libur nasional, ini memang kejadian luar biasa.

Image

Penulis adalah guru IPS di SMP al muslim Tambun

Lalu apa sebenarnya yang terjadi? Tanggal 3 Oktober 2012, buruh diseluruh Indonesia mogok kerja dan melakukan demo. Mereka menuntut penghapusan sistem outsourching, pemberlakuan upah layak dan pelaksanaan jaminan kesehatan.

Pihak yayasan dan sekolah  sebelumnya mencari informasi terkait aksi buruh tersebut pada kepolisian dan Serikat Pekerja, diperkuat lagi oleh telpon dan SMS sebagian wali murid yang khawatir akan dampak negatif demontrasi tersebut terhadap keselamatan anak-anaknya. Sampai akhirnya, rapat pengurus yayasan dengan seluruh manajemen unit memutuskan sekolah diliburkan untuk hari rabu, 3 Oktober 2012.

Keputusan ini terpaksa diambil, mengingat kejadian serupa pernah terjadi pada 27 Januari 2012. Ketika itu sekolah tidak mengantisipasi demonstrasi buruh dan membiarkan kegiatan belajar mengajar berlangsung seperti biasa, mulai pukul 07.00 – 15.30 wib. Akhirnya, banyak siswa yang terpaksa pulang sekolah pukul 23.00 wib, karena jalanan ditutup dan macet total dimana-mana.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi pihak yang terkait, terutama buruh, pengusaha dan pemerintah. Bahwa aksi seperti ini menimbulkan banyak sekali kerugian. Tidak hanya pada sektor ekonomi, tapi juga pada aspek akademis. Bahkan menurut informasi, tidak hanya sekolah kami yang meliburkan siswa-siswanya, melainkan banyak juga sekolah lain yang mengambil keputusan serupa.

Ya, hari rabu, 3 Oktober 2012, siswa-siswi sekolah kami merasakan perjuangan para buruh di seluruh Indonesia. Kami berharap ada solusi terbaik yang menguntungkan semua pihak. Amin.

 

 

By kangdidisuradi - Jika Ingin berhasil harus berani menerima tantangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s